Cara Mengawetkan Buket Bunga Asli

Cara Mengawetkan Buket Bunga Asli

Pasti sedih sekali mendapati buket bunga layu dan berubah tampilannya. Salah satu hal yang membuat bunga begitu istimewa adalah keindahannya yang cepat berlalu. Setelah berbulan-bulan bermetamorfosis dari biji ke batang, tanaman akhirnya mencapai puncaknya dalam bentuk bunga yang indah. Jika Anda ingin mempertahankan bunga selamanya, Anda bisa menggunakan  cara mengawetkan buket bunga asli dengan trik-trik ini.

Ingin bunga Anda terlihat selalu cantik? Coba gunakan metode gel silika atau lilin, gantung, dan masih banyak lagi. Ini adalah opsi terbaik untuk menjaga struktur dan warna asli buket bunga Anda tetap utuh. Atau, ubah buket Anda menjadi karya seni dengan menekannya, diawetkan dalam resin epoksi, atau dicat secara profesional. Yuk, coba tipsnya di bawah ini.

Cara Mengawetkan Buket Bunga Asli

Anda bisa mencoba tips dari toko bunga Bekasi sebagai cara mengawetkan buket bunga asli, berikut caranya:

1. Gantung Terbalik ke Udara Kering

Menggantung adalah cara tradisional untuk mengeringkan buket bunga Anda. Cara ini memang sangat sederhana. Anda hanya cukup ikat batangnya dengan erat dan gantung secara terbalik selama beberapa minggu di tempat yang kering dan hangat seperti di lemari atau di atas radiator.

Mengeringkannya dalam gelap akan mempertahankan warna dan aromanya semaksimal mungkin, tetapi sisi negatif dari metode ini adalah bunga r Anda cenderung menjadi berwarna lebih gelap.

2. Press Bunga Pernikahan Anda

Mengepress bunga  adalah proses mudah untuk mengawetkan bunga Anda. Jika Anda ingin menyimpannya dalam bentuk aslinya, maka Anda bisa menskip metode ini sebab mengepress bunga Anda menjadikan bentuknya lebih datar.

Tempatkan bunga Anda di antara dua lembar kertas perkamen dan letakkan di dalam buku yang berat. Tekan bunga dengan lebih banyak buku dan biarkan selama 7-10 hari. Ingatlah untuk meletakkan perkamen di atas bunga dan di bawahnya atau akan ada banyak tinta di seluruh buket Anda.

Setelah dikeringkan, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan bunganya. Membingkainya adalah salah satu pilihan, seperti menempelkannya ke dalam buku tamu pernikahan Anda, memamerkan bunga yang telah dipress ke bagian belakang casing ponsel yang bening juga bisa, atau bahkan Anda bisa mengubahnya menjadi kertas kelopak.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Yang Sudah Dipetik

3. Kirim ke Spesialis Pelestarian Bunga

Anda bisa datang ke perusahaan profesional yang suka mengumpulkan buket dari mana saja di Inggris, mengawetkannya menggunakan teknik pengeringan khusus, dan membingkainya dalam representasi 3D yang indah. Ini adalah cara yang bagus untuk menampilkannya dengan cara yang utuh demi menjaga warna dan bentuknya sehingga Anda dapat melihat buket bunga itu setiap hari. Anda bisa menggunakan kaca pelindung sehingga bunga akan selalu terlihat bagus seperti pertama kali saat Anda menerimanya. Biasanya toko juga dapat mengeringkannya hingga rata dan membingkainya jika Anda mau!

4. Silica Gel

Silica gel sebenarnya bukan gel melainkan pasir berpori yang berfungsi menyerap air dan mengeringkan bunga dalam satu hingga tujuh hari. Metode ini membuat bunga Anda terlihat segar.  Bisa dibilang cara mengawetkan buket bunga asli dengan silica gel adalah cara paling rumit.

Namun zat kristal berpasir ini membantu proses pengeringan dengan menarik kelembapan dari bunga sambil mempertahankan warna dan bentuknya. Proses ini lebih mahal dan mengharuskan Anda untuk mengikuti beberapa langkah agar berhasil, tetapi percayalah bahwa cara ini sangat efektif mempertahankan bunga Anda seperti bentuk aslinya.

Jadi, jika Anda ingin menyimpan buket bunga  seperti aslinya, maka opsi ini mungkin sepadan dengan waktu dan tenaga yang sudah Anda coba :

  • Ambil gambar buket bunga “befiore”, untuk referensi nanti. Bongkar buket dengan hati-hati agar tidak merusak bunga, buka selempang atau pita yang menyatukannya.
  • Singkirkan semua bagian buket yang telah lunak atau lembek, termasuk batang, daun, dan kuncup.
  • Ambil wadah besar dan dalam yang dapat ditutup dan tuangkan 2 cm lapisan gel silika di bagian bawah.
  • Susun bunga pada gel, pastikan tidak saling bersentuhan atau dengan dinding wadah. Jika perlu, gunakan lebih dari satu wadah.
  • Tutupi bunga sepenuhnya dengan silika gel, taburi perlahan untuk menghindari meratakan bunga di bawah berat kristal.
  • Tutupi wadah dan simpan di tempat yang hangat dan kering, jauh dari sinar matahari langsung.
  • Periksa bunga Anda dalam waktu sekitar empat hari. Ingat, gel akan berubah menjadi warna merah muda saat menyerap kelembapan, dan bunganya akan kaku dan kering saat disentuh. Jika ada bunga yang masih terasa lembut, tutupi kembali dan biarkan beberapa hari lagi.
  • Saat semua bunga mengering, tuangkan silika gel ke wadah lain dan sikat dengan hati-hati sisa kristal dari bunga.
  • Setelah bunga dan batangnya kering, rekatkan kembali menggunakan lem tembak dan berhati-hatilah saat menempelkan seutas kawat ke dalam batang, lalu ke kepala bunga untuk disatukan. Jika ada masalah dengan batangnya, Anda juga bisa membeli batang kawat hijau dari toko kerajinan.

Baca Juga: Cara Menyimpan Buket Bunga Palsu

5. Celupkan Bunga Pernikahan Anda ke Lilin

Cara mengawetkan buket bunga asli dengan lilin bukanlah bentuk pengawetan permanen, tetapi akan memperpanjang umur bunga Anda hingga enam bulan dan menjaga keutuhan warna aslinya. Anda tidak akan bisa membedakan bunga segar dari lilin yang dicelupkan selain dari rasanya.

Untuk mengawetkan buket dengan lilin, Anda membutuhkan lilin parafin dan panci. Lelehkan lilin dalam air mendidih hingga cairannya merata dan halus. Kemudian kecilkan kompor agar campuran lilin sedikit mendingin tetapi masih hangat.

Selanjutnya, ambil bunga dan celupkan perlahan ke dalam larutan lilin. Segera tarik keluar dan gantung terbalik. Setelah kering, Anda akan memiliki bunga yang terawat indah selama berbulan-bulan mendatang.

Di antara cara mengawetkan buket bunga asli yang dijelaskan di atas, manakah yang paling mudah menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, Wulandari Florist ada yang bisa kami bantu?