Cara Merawat Bunga Mawar yang Sudah Layu

cara merawat bunga mawar

Pernahkah Anda membeli seikat bunga mawar untuk rumah atau suatu acara, namun kemudian layu berhari-hari sesudahnya? Jika Anda mengalami hal demikian, tenang saja! Ada beberapa tips dan trik untuk membantu menghidupkan kembali bunga layu Anda. Cara merawat bunga mawar yang sudah layu tidak begitu sulit kok.

Memang, bunga kering dan bunga layu bisa menjadi masalah setiap saat sepanjang tahun, terutama saat musim kemarau. Namun dengan trik-trik di bawah ini, mudah-mudahan Anda tidak hanya belajar bagaimana menghidupkan kembali bunga Anda tetapi juga mengidentifikasi tanda-tanda bunga layu untuk mencegah proses matinya bunga Anda.

Tips untuk Merawat Bunga Mawar yang Sudah Layu

Biasanya ada tiga alasan utama mengapa bunga mawar mudah mati. Pertama, karena pertumbuhan bakteri (batang membusuk), serapan air (kuncup mengering dan tetap tertutup) dan layu (kombinasi keduanya menyebabkan bunga terkulai). Bakteri dapat muncul jika air belum segar atau terlambat diganti dan batang mulai membusuk.

Batangnya akan berlendir dan berubah warna menjadi bunga yang jelek secara visual. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan wadah dengan setetes pemutih dan sabun.

Potong semua batang yang busuk dan hilangkan lendir untuk memastikan yang tersisa hanya batang yang sehat (di atas 2-3 cm di atas perubahan warna). Tambahkan air hangat ke dalam wadah, setetes pemutih (atau makanan bunga) dan tempatkan kembali batangnya ke dalam vas. Jika ini berarti bunga Anda terlalu pendek untuk wadah Anda, coba yang lebih kecil!

Jika Anda lalai memotong batang sebelum menambahkannya ke dalam vas, batang tersebut tetap tertutup rapat atau kering dan tidak akan dapat menarik air untuk memberi makan bunga. Ada juga risiko terbentuknya blok udara di batang.

Jadi, cara merawat bunga mawar yang sudah layu adalah mencoba untuk membuang bunga dan daun kering yang tidak bisa dihidupkan kembali, potong 2 hingga 3 cm dari batang dengan sudut (45 derajat) menggunakan gunting / pisau tajam dan langsung masukkan ke dalam vas air bersih.

Ujung batang yang kering dengan bakteri akan menghalangi pengambilan air, menyebabkan batang dan bunga layu. Untuk menghidupkan kembali bunga Anda, mulailah dengan membersihkan wadah dan menambahkan air bersih segar.

Buang semua bunga yang terlalu layu dari batang atau tandannya, saat melepaskan gas etilen (seperti halnya buah yang matang) dan potong batangnya dengan sudut 2 hingga 4 cm kemudian langsung masukkan ke dalam air bersih.

Baca Juga: Cara Mengawetkan Bunga dengan Lilin

Bagaimana Menjaga Buket Mawar Anda Segar Lebih Lama?

Nah, jika cara di atas adalah merawat bunga yang layu langsung dari tanamannya, maka kali ini adalah bunga potong atau buket. Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk Anda yang memiliki buket bunga mawar saat hari valentine atau ketika kekasih memberikannya. Ikuti tips sederhana ini untuk memperpanjang umur mawar Anda agar tetap menarik perhatian mata!

1. Mulailah Dengan Menggunakan Vas Bersih

Setelah Anda menerima mawar, pastikan Anda memiliki vas yang benar-benar bersih untuk diletakkan. Vas kotor dapat menampung bakteri, yang dapat menyebabkan mawar potong cepat rusak dan layu dengan sangat cepat.

Cara sederhana untuk memastikan vas bebas bakteri adalah dengan membilasnya dengan campuran soda kue dan cuka. Kombinasi ini secara efektif dapat menghilangkan kotoran atau residu yang menumpuk.

2. Isi Vas dengan Air Hangat

Isi vas berukuran sedang dengan air hangat, lalu tuangkan satu sendok makan soda kue. Jika Anda memiliki vas yang sangat besar, disarankan untuk menuangkan lebih banyak air. Selanjutnya, tuangkan sedikit cuka putih. Kombinasi ini akan menjadi bersoda, yang menghilangkan sisa-sisa dari dalam vas. Bilas dengan air bersih lalu bersihkan vas dengan kain katun lembut.

Baca Juga:

3. Pangkas Batang Mawar Pada Buket Amda

Mengganti air mawar potong setiap dua hari sekali akan membuatnya segar lebih lama. Namun, setiap kali air vas diganti, batang mawar perlu dipotong sekitar 0,5 cm. Penting untuk memangkas batang di bawah air dengan sedikit miring. Anda bisa melakukannya di ember berisi air dingin atau di bawah keran yang mengalir. Cara ini memastikan kapiler xilem tidak tersumbat oleh gelembung udara mikroskopis, yang dapat menghambat penyerapan air dan nutrisi. Semakin pendek Anda memotong batangnya, semakin lama akan bertahan karena air memiliki jarak paling sedikit untuk mencapai kuncup mawar.

Baca Juga: Cara Mengeringkan Buket Bunga

4. Buang Daun Dari Batangnya

Saat meletakkan mawar potong Anda di dalam vas, usahakan agar tidak ada daun yang terendam di dalam air vas. Saat daun di bawah air mulai membusuk, daun menyimpan bakteri yang akan mempercepat layu mawar juga.

5. Selalu Simpan Mawar di Tempat Yang Sejuk

Cara merawat bunga mawar yang sudah layu adalah dengan menyimpannya di tempat sejuk. Suhu hangat tidak disukai karena bunga akan menjadi terlalu panas dan mengering. Sebaiknya juga tidak menyimpan mawar langsung di bawah pendingin ruangan.

6. Gantilah Air Vas Secara Teratur

Cara termudah untuk memperpanjang umur mawar adalah dengan mengganti air vas secara teratur. Jika itu tidak memungkinkan, coba ubah setiap hari. Cara ini akan membantu menjaga bunga dan vas tetap segar dan bersih. Air basi dalam vas menciptakan kondisi sempurna untuk pertumbuhan bakteri dan akan membatasi umur bunga potong.

Bagaimana? Apakah Anda kesulitan dalam mempraktikkan cara merawat bunga mawar yang sudah layu? Tidak sulit kok selama Anda mau mencobanya! Apabila Anda kesulitan dalam merawat bunga, Anda bisa menghubungi toko bunga bekasi yang selalu siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, Wulansari Floryst ada yang bisa kami bantu?